Selamat membaca
Pengertian SILABUS Berbagi Ilmu Sekolah Dasar
semoga bermanfaat

Label

DAPODIK

DAPODIK!

INFO PTK DAN SK TUNJANGAN

Info Ptk dan SKTF!

Sponsor by

klik Toko Online Batu Permata Terpercaya !

klik Advertesing Blog

PENGUNJUNG

Pengertian SILABUS Berbagi Ilmu Sekolah Dasar

SELAMAT DATANG DI BLOG SDN 03 JATIPURO (BERBAGI ILMU SEKOLAH DASAR)

Pengertian SILABUS Berbagi Ilmu Sekolah Dasar

       Salam hangat para tenaga pendidik dan saya sampaiakan rasa hormat saya kepada beliu-beliu yang sudah mengabdi pada negara untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa. Khususnya pada para blogger yang sudah mampir ke blog ini hehe. Kali ini saya akan menyampaikan pengertian tentang SILABUS dimana salah satu item ini sangat penting dalam kurikulum pendidikan sehingga bagi tenaga pendidik harus tau apa itu silabus sehingga pembelajaran dapat berjalan normal dan sesuai dengan kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah dan dapat tercapai cita-cita negara kita untuk mencerdaskan semua warga negara khususnya di negara indonesia sesuai dengan apa yang diamatkan oleh pembukaan UUD 1945. Berikut PENGERTIAN SILABUS semoga bermanfaat. 

     Pada dasarnya PENGERTIAN SILABUS adalah produk utama dari pengembangan sebuah kurikulum yang mana sebagai rencana tertulis dalam satuan pendidikan yang wajib mempunyai keterkaitan dengan suatu produk pengembangan kurikulum lainnya dalam sebuah proses pembelajaran. Jadi silabus bisa dikatakan sebagai kurikulum yang ideal sementara proses pembelajaran adalah kurikulum yang aktual. Selain itu silabus juga merupakan produk atau hasil pengembangan desain pembelajaran layaknya pola dasar kegiatan belajar mengajar dan juga garis besar program pembelajaran. Di samping itu dalam silabus juga memuat adanya komponen minimal atas kurikulum satuan pendidikan. Sementara untuk mengadakan kajian terhadap kurikulum yang hendak diterapkan dalam satuan pendidikan, maka dapat dilakukan dengan melalui penelaahan silabus yang sudah dikembangkan dan juga diberlakukan. Sehingga dari pengkajian silabus tersebutlah dapat memberikan banyak informasi dan itu bisa dilihat apakah kurikulum telah diterapkan dengan benar. Melalui silabus juga bisa dikembangkan standar kompetensi maupun kompetensi yang mau diraih, pengembangan materi serta dapat mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran. Maka dari situ juga dapat dilihat keterkaitan antar komponen bisa berjalan sesuai dengan apa yang dinginkan atau tidak. Disamping itu silabus juga merupakan tahapan di dalam mengembangkan kurikulum dan pengembangan materi dalam Rencana Pembelajaran atau RPP sehingga lebih terperinci dalam penyampaian pembelajaran. Untuk Rencana Pembelajaran akan saya bahas pada artikel lain. 

     Demikian pengertian silabus yang dapat saya bahas semoga bermanfaat mungkin masih banyak kekurangannya dan saya sampaikan rasa maaf saya yang sebesar-besarnya mungkin lain waktu dapat saya perbaiki . Terimakasih atas kunjungannya.

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Translate

klik gambar untuk Kunjungi situs resmi penjualannya

klik Toko Online Batu Permata Terpercaya !

Entri Populer

Like Untuk Berlangganan Artikel Terbaru di FB

iklan

Patner Site Puragama.blog